Bahasa Indonesia
English
You are here
Visi Misi Prodi Sarjana Terapan Manajemen Pemasaran
VISI
"Menjadi Program Studi Manajemen Pemasaran yang dapat mencetak ahli pemasaran dengan kemampuan di bidang manajemen pemasaran, pemasaran digital, dan kewirausahaan yang kreatif, unggul, dan inovatif berkelanjutan di tingkat nasional pada tahun 2030".
MISI
Dalam mencapai visi tersebut, Program Studi Sarjana Terapan Manajemen Pemasaran merumuskan misi sebagai berikut:
-
Melaksanakan pembelajaran dengan mengedepankan prinsip humanis untuk menghasilkan lulusan sarjana terapan yang berjiwa bisnis dan berpengalaman luas dalam industri.
-
Mendorong penerapan pemasaran berkelanjutan melalui kurikulum yang menekankan etika bisnis dan tanggung jawab sosial.
-
Membangun kolaborasi dengan industri dan UMKM untuk mengembangkan solusi pemasaran digital yang mendukung pertumbuhan ekonomi sekaligus mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals - SDGs).
-
Melakukan penelitian terapan di bidang pemasaran digital dan keberlanjutan untuk berkontribusi pada ilmu pengetahuan serta praktik bisnis yang bertanggung jawab.
-
Mempersiapkan lulusan menjadi pemasar yang adaptif, mampu memanfaatkan teknologi secara kreatif dan mengintegrasikan nilai-nilai keberlanjutan dalam strategi pemasaran global.
TUJUAN
Dalam rangka mencapai visi dan menjalankan misi, Program Studi Sarjana Terapan Manajemen Pemasaran menyusun tujuan program studi sebagai berikut:
-
Membangun ekosistem pembelajaran yang kolaboratif dengan melibatkan pelaku industri dan lembaga pemerintahan untuk menciptakan solusi pemasaran berbasis digital dan berkelanjutan.
-
Mendorong penerapan praktik pemasaran yang bertanggung jawab melalui prinsip berkelanjutan dalam pengembangan produk, branding, dan customer engagement.
-
Menghasilkan lulusan yang menguasai kompetensi pemasaran digital, termasuk analisis data, manajemen media sosial, e-commerce, dan teknologi terkini serta siap bersaing di era ekonomi digital.
-
Berkontribusi pada pengembangan ilmu pemasaran melalui penelitian dan publikasi yang fokus pada inovasi pemasaran digital dan praktik bisnis berkelanjutan.
-
Mengembangkan program pengabdian kepada masyarakat yang mendorong pemanfaatan ilmu pemasaran terapan pada industri dan masyarakat.
STRATEGI
Dari visi, misi dan tujuan diatas, Program Studi Sarjana Terapan Manajemen Pemasaran menyusun strategi program studi sebagai berikut:
-
Mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum KKNI yang mengandung muatan sikap spiritual dan sosial, pengetahuan serta keterampilan dalam bidang ekonomi dan pendidikan ekonomi berwawasan ekonomi kerakyatan, kewirausahaan, dan nilai budaya luhur.
-
Melibatkan dunia pendidikan, dunia usaha, dan dunia industri dalam proses pendidikan dan pembelajaran (teori dan praktik) melalui praktisi mengajar, guest lecture, praktik industri, dan kunjungan industri.
-
Pelatihan pemasaran lapangan berupa survei pelanggan dan praktik pemasaran hijau, sebagai upaya penerapan praktik pemasaran yang berkelanjutan.
-
Praktik penggunaan alat-alat pemasaran digital, termasuk alat analisis pemasaran, big data, kecerdasan buatan, dan pengenalan multimedia dalam ranah digital.
-
Pelaksanaan observasi lapangan dibidang hospitality setiap tahunnya bagi mahasiswa.
-
Praktik pelaksanaan kampanye pemasaran, negosiasi, branding, dan negosiasi melalui pembuatan event oleh mahasiswa.
-
Praktik kewirausahaan melalui pembuatan produk, konsep bisnis, dan merek, serta penerapan kampanye pemasaran berbasis digital.
-
Melaksanakan pembekalan Praktik Industri dan percepatan Tugas Akhir setiap tahun bagi mahasiswa semester enam.
-
Melakukan monitoring pelaksanaan praktik industri dan memastikan bahwa mahasiswa melaksanakan tugas praktik industri sesuai alur dan tahapan yang telah ditentukan.
-
Memfasilitasi pelatihan dan sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa, serta memberikan kesempatan publikasi karya tulis atau karya ilmiah melalui website prodi dan jurnal prodi.
-
Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian dosen prodi.
-
Melaksanakan sertifikasi kompetensi bagi dosen prodi sebagai upaya prodi meningkatkan kemampuan dan keahlian pendidik agar sesuai dengan tantangan pembelajaran pemasaran terkini.
Kontak Kami
Program Studi D4 Manajemen Pemasaran UNY
Kampus Wates:
Jl. Mandung Pengasih Kulonprogo Yogyakarta 55652
Kampus Gunungkidul:
Kepuh, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta 55893
Telp./Fax : (0274) 773906; 774625
website : https://d4mp.fv.uny.ac.id/
e-mail : fv@uny.ac.id
Copyright © 2025,