Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (Learning Outcome - LO) Program Studi Manajemen Pemasaran

Capaian Pembelajaran (Learning Outcome - LO) Program Studi Manajemen Pemasaran mempertimbangkan deskripsi generik dan spesifik serta masing-masing profil lulusan Program Studi D4 Manajemen Pemasaran FE UNY sebagai: Asisten Manager Pemasaran, Wirausahawan, Analis Pemasaran, Digital Marketer, Marketing Communication, Public Relation, Revenue Analyst, Sales Staff, dan Marketing Staff. Program Studi Manajemen Pemasaran menetapkan capaian pembelajaran lulusan Program Studi Manajemen Pemasaran, yaitu:
1) Aspek Sikap 
2) Aspek Pengetahuan
3) Aspek Keterampilan Umum
4) Aspek Keterampilan Khusus

Aspek Sikap 

S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
S10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;

Aspek Pengetahuan

P1 Menguasai teori pemasaran secara umum
P2 Menguasai teori dan konsep informasi pemasaran
P3 Menguasai sistem pendukung pembuatan keputusan pemasaran
P4 Menguasai teori/konsep riset pemasaran
P5 Menguasai prinsip dan isu terkini dalam bidang pemasaran pada industri kreatif
P6 Menguasai pengetahuan tentang perkembangan teknologi terbaru dibidang industri kreatif
P7 Menguasai pengetahuan prosedural dan operasional sistem pemasaran nasional dan internasional
P8 Menguasai pengetahuan tentang etika bisnis.
P9 Menguasai pengetahuan kepemimpinan dan kewirausahaan.
P10 Menguasai konsep dan teknik komunikasi lisan dan tulisan dalam Bahasa Indonesia dan minimal satu Bahasa internasional.
P11 Menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarism secara khusus

Aspek Keterampilan Umum

KU1 Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan jenis pekerjaan spesifik di bidang Pemasaran serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan;
KU2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
KU3 Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan serta menerapkan nilai humaniora dalam bidang Pemasaran dalam rangka menghasilkan ide dan gagasan serta solusi dalam bidang Pemasaran
KU4 Mampu menyusun hasil kajian tersebut dalam bentuk karya tulis ilmiah dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
KU5 Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, dan persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya
KU6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerjasama didalam maupun di luar lembaganya
KU7 Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
KU8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
KU9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

Aspek Keterampilan Khusus

KK1 Mampu menyusun, mengimplementasikan, memonitor sekaligus mengevaluasi rencana pemasaran yang kreatif dan inovatif sesuai standar dan prinsip-prinsip pemasaran.
KK2 Mampu mengidentifikasi biaya pemasaran produk (barang dan jasa) untuk menyiapkan anggaran pemasaran dan menyajikan laporan.
KK3 Mampu melakukan segmentasi pasar, penentuan pasar sasaran, pemosisian produk serta merancang dan mengimplementasi bauran pemasaran
KK4 Mampu melakukan kegiatan penjualan untuk meraih target sekaligus membuat laporan hasil penjualan.
KK5 Mampu menerapkan teknologi informasi dalam menjalankan program pemasaran
KK6 Mampu berkomunikasi interpersonal termasuk melakukan negosiasi dalam bidang pemasaran yang efektif dengan para pemangku kepentingan secara offline maupun online.
KK7 Mampu menjalin kerjasama dengan media termasuk membuat press release dan perijinan kegiatan.
KK8 Mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja dan dapat bekerjasama dalam teamwork
KK9 Mampu melakukan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya sebagai pimpinan kelompok kerja
KK10 Mampu menyiapkan evaluasi dan laporan tertulis atas hasil pekerjaan sendiri maupun teamwork
KK11 Mampu menerapkan etika pergaulan bisnis dan praktik kerja profesional
KK12 Mampu menerapkan teknik komunikasi lisan dan tulisan dalam Bahasa Indonesia dan minimal satu Bahasa internasional